Suatu hari, al-Imam an-Nawawi rahimahullah berkunjung ke Mesir..
Beliau ingin menziarahi maqam al-Imam asy-Syafi`i rahimahullah, tapi beliau malu untuk masuk...
al-Imam an-Nawawi merupakan rukn al-madzhab (fondasi madzhab), bertakwa, bersih, memilih untuk tidak menikah demi ilmu.. menulis 12 jam perharinya, tidak tidur berbaring selama 2 tahun.
Beliau datang dari Syam... memandang kubbah al-Imam asy-Syafi`i dari kejauhan*,... Beliau membaca al-Fatihah, berdo`a & menangis dan berlalu pergi...
Ada yang menanyai beliau: "Kenapa Anda tidak masuk untuk menziarahi Beliau?"
al-Imam an-Nawawi menjawab: "Seandainya Beliau hidup, ku tidak mampu kecuali berdiri di sini".
Siapa yang berkata begitu?
Seorang rukn al-madzhab, imam ad-dunia, penyusun kitab Riyadh ash-Shalihin yang diakui sunni & syi`ah, penyusun kitab al-Arba`in an-Nawawiyyah.. Seseorang yang bertakwa, bersih.. apabila disebut; rahmat Allah dilimpahkan...
Ibn as-Subki rahimahullah mendengar kedatangan al-Imam an-Nawawi... Beliau pun mencarri tapi tidak ketemu.. Ada yang memberitahukan bahwa al-Imam an-Nawawi sudah pergi..
Ibnu Subki pun menyusul sampai ke Damaskus 2 hari setelah al-Imam an-Nawawi meninggal..
Ibn as-Subki berkata: "Ku ingin bertemu dengan al-Imam an-Nawawi".
Orang-orang berkata: "Beliau sudah pergi ke Nawa & meninggal di sana".
Ibn as-Subki bertanya: "Di mana tempat beliau mengerjakan shalat di Daar al-Hadiid?...
Orang-orang menjawab: "Di sini".
Ibnu as-Subki pun duduk dan meletakkan pipinya di sana.
Taqiyyuddin as-Subki yang disebut oleh Ibn Huddaaj sebagai "seseorang yang sampai derajat ijtihad" telah meletakkan pipi kanan ke tempat di mana kaki al-Imam an-Nawai berdiri... lalu meletakkan pipi kiri beliau sambil berkata:
وفي دار الحديث لطيف معنى * أطوف في أرجائها وأوي
أود لو أمس بِحُرِّ وجهي * مكاناً مسه قدم النواوي
Di daar al-Hadiits ada "Lathiif al-Ma`na"**... ku berkeliling di sekitarnya dan singgah
Ku mendambakan jika ku bisa menyentuh dengan wajahku tempat yang telah disentuh kaki an-Nawawi.
Maqam al-Imam an-Nawawi terkenal, tumbuh tepat dari bagian dada beliau sebuah pohon besar yang menaungi maqam, ... tidak ada maqam siapapun di dunia ini yang tumbuh darinya pohon kecuali maqam al-Imam an-Nawawi.
Di sekitar maqam, tumbuh berbagai tumbuhan yang berbau harum***.
Inilah maqam beliau di kampung halaman beliau, Nawa... Ibn al-Wardi berkata di sana:
لقيت خيراً يا نوى ** وحرست من ألم النوى
فلقد نشأ بك زاهد ** في العلم أخلص ما نوى
وعلى عداه فضله ** فضل الحبوب على النوى
Alangkah beruntungnya kamu wahai kota Nawa.. Semoga kamu terhindar dari pedihnya perpisahan..
Itu karena kamu telah menjadi tempat tumbuh dan hidupnya orang zuhud (imam Nawawi) yang begitu ikhlas dalam ilmunya..
Keutamaan beliau jika dibandingkan dengan yang lain, bagaikan keutamaan biji-bijian segar bila dibandingkan dengan biji korma kering.. (terjemah syi`ir Syekh Zaiemuddin Abdul Adzim)
____
Diambil dari dars Syekh Ali Jum`ah hafizhahullah...
postingan 15 mei 2014:
https://www.facebook.com/DrAliGomaa/posts/10154123002440144
ذات مرة أراد الإمام النووي أن يدخل على مقام الإمام الشافعي واستحى أن يدخل, الإمام النووي ركن المذهب التقي النقي الذي أثر العذوبة والعلم على الزواج لم يتزوج كان يكتب في اليوم اثنى عشر ساعة, لم ينم على جنبه سنتين, جاء من الشام ونظر إلى قبة الإمام الشافعي وقرأ الفاتحة ودعا وبكى وانصرف، فقيل له لن تدخل لزيارته؟ فقال لو كان حياً ما استطعت إلا أن أقف هنا, من الذى يقول ذلك؟ ركن المذهب ، إمام الدنيا ،الذى ألف كتاب رياض الصالحين ، هذا أجمعت عليه السنة والشيعة ، صاحب الأربعين النووية, هذا التقي النقي الذي إذا ما ذُكر تنزلت الرحمات,
ابن السبكي سمع إن الإمام النووي هنا في مصر دور عليه فلم يجده، قالوا له لقد ذهب ،فأخذ بالذهاب وراءه حتى وصل دمشق كان الإمام النووي مات قبلها بيومين, قال أريد رؤية الإمام النووي قالوا له لقد ذهب إلى نوى ومات هناك ، وقبره في نوى مشهور مشهود نبتت به شجرة, نبتت من صدره شجرة تظلل قبره، ليس هناك قبر طلع منه شجرة في العالم إلا الإمام النووي قلبه أنبت ثمرة, ما زالت موجودة روضة غناء مزروعة حوله بالرياحين هذا قبر الإمام النووي رضي الله تعالى عنه وأرضاه في بلده نوى ، وقد أنشد ابن الوردي فيه يرثيه:
لقيت خيراً يا نوى ** وحرست من ألم النوى
فلقد نشأ بك زاهد ** في العلم أخلص ما نوى
وعلى عداه فضله ** فضل الحبوب على النوى
ذهب ابن السبكي خلف الإمام النووى ودخل عليهم فوجده قد مات فقال أين كان يصلى في دارالحديد ؟ فقالوا هنا، فجلس يمرغ خده ؟ هذا تقي الدين السبكي الذي قال فيه ابن هُدَّاج "وصل إلى مرتبة الإجتهاد", قعد يحط خده اليمين كده على القدم الذي كان فيه النووي وخده الشمال كده وهو يقول:
وفي دار الحديث لطيف معنى * أطوف في أرجائها وأوي
أود لو أمس بِحُرِّ وجهي * مكاناً مسه قدم النواوي
___
* Syekh Ali pernah mengatakan dari tempat "kobri Sayyidah Aisyah" sekarang.
mungkin sekitar setengah kilometer.
** al-Lathhif al-Ma`na menurut al-Imam Badr ad-Din al-Hasani merupakan sepasang alas kaki Sayyidina Nabi SAW, dulu letaknya di daar al-Hadits sebelum daar itu terbakar saat Tatar menyerbu.. sehingga terbakar segala isinya.
و قد سئل الإمام بدر الدين الحسني حول (المعنى اللطيف) قال هما نعلي النبي صلى الله عليه وسلم وقد وضعها الملك الأشرف في الدار قبل أن تحترق الدار وتأتي النيران على كل محتوياتها حين حاصرها التتار في القرن السابع الهجري.
http://cb.rayaheen.net/showthread.php?tid=21815
***Pada Januari 2015... kawasan maqam itu dibom... Hasbunallah wani`ma al-Wakil.
Writen by : Hilma Rosyida Ahmad
KAJIAN MAKNA "KULL" (كل) DALAM HADITS TENTANG BID'AH كُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَ لَةٍ وَكُلُّ ضَلاَ لَةٍ فِى النَّارِ “Setiap bid’ah itu sesat dan setiap kesesatan itu masuk neraka”. Dengan membandingkan hadist tersebut serta QS Al Kahfi: 79 yg sama2 dihukumkan ke kullu majmu' akan kita dapati sebagai berikut: Bid’ah itu kata benda, tentu mempunyai sifat, tidak mungkin ia tidak mempunyai sifat, mungkin saja ia bersifat baik atau mungkin bersifat jelek. Sifat tersebut tidak ditulis dan tidak disebutkan dalam hadits di atas; dalam Ilmu Balaghah dikatakan, حدف الصفة على الموصوف “Membuang sifat dari benda yg bersifat”. Seandainya kita tulis sifat bid’ah maka terjadi dua kemungkinan: a. Kemungkinan pertama : كُلُّ بِدْعَةٍ (حَسَنَةٍ) ضَلاَ لَةٌ وَكُلُّ ضَلاَ لَةٍ فِى النَّارِ “Semua bid’ah (yg baik) sesat, dan semua yg sesat masuk neraka”. Hal ini tidak mungkin, bagaimana sifat baik dan sesat berkumpul dalam satu benda dan dalam waktu dan tempat yg sama, hal itu tentu
Komentar
Posting Komentar