QOSIDAH BURDAH; ANTARA PENUDUH SYIRIK DAN YANG TERTUDUH
Sebagian orang awam ada yang mengatakan qosidah/nadzom Burdah (158 bait) itu sesat dan syirik itu disebabkan li qillati ilmihim wa jahlihim fi fahmi ma'aniha.
apakah mereka lebih alim allamah dalam memahami agama dan sastra arab dibanding dgn Jumhur Ulama Salaf??
Ada sekitar 211 kitab yg men Syarahi Burdah(itu yg saya ketahui blom lainnya) dan yg mensyarahi burdah jg bukan Ulama kelas teri😊
diantara qasidah burdah yg masyhur di dengar dan di ucapkan di majlis ta'lim:
Maulaya sholli wa sallim daaiman abada # ala habibika khoiri kholqi kullihimi
Huwal Habibul ladzi turja syafa'atuhu # likulli haulin minal ahwali muqtahimi
(bait ini tertulis di kunci pintu makam Rasulullah shollallhu alaihi wa sallam)
Ya Rabbi bil mushthofa balligh maqashidana # waghfir lana ma madho ya wasial karomi.
قال الشيخ أﺣﻤﺪ ﺍﻟﻘﻄﻌﺎﻧﻰ ﻗﺪﺱ ﺍﻟﻠﻪ ﺳﺮه في كتابه مجالس الفقرا
ﺍﻥ ﻗﺼﻴﺪﺓ ﺍﻟﺒﺮﺩﺓ ﻫﻰ ﺍﺷﻬﺮ ﻗﺼﻴﺪﺓ ﻓﻰ ﺍﻟﻌﺎﻟﻢ ﻭﻻ ﻳﺨﻠﻮ ﻗﻄﺮ ﻓﻰ ﺍﻟﻌﺎﻟﻢ ﻣﻦ ﻣﺮﺩﻳﺪﻳﻬﺎ ﻭﻗﺮﺍﺋﻬﺎ ﺣﻔﺎﻇﻬﺎ
Syekh Ahmad Al Qith'ani di dalam kitab nya "Majalisul Fuqara" berkata : sesungguhnya qosidah Al Burdah adalah qasidah yg paling masyhur di alam ini dan tidak akan sepi suatu wilayah/negeri di alam dunia ini dari orang2 yg membacanya dan menghafalnya...
Berikut Nama2 Ulama yg meriwayatkan, yg mensyarahi, yg menghafalkan dan yg musalsil isnadnya sampe dgn pengarang burdah(imam Al Bushiri lahir 608H)
sebagaimana yg disebutkan oleh Imam As Sakhowi ( murid ibnu Hajar Al Asqalani) di dalam kitab nya " Ad Dhou' Al Lami' Liahlil Qarnit Tasi' "
ﻗﺬ ﺫﻛﺮ ﺍﻟﺤﺎﻓﻆ ﺍﻟﺴﺨﺎﻭﻱ ﻓﻲ " ﺍﻟﻀﻮﺀ ﺍﻟﻼﻣﻊ " ﻛﺜﻴﺮﺍ ﻣﻦ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﺣﻔﻈﻮﻫﺎ، ﻣﻨﻬﻢ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ﺃﺑﻮ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﺍﻟﺸﻬﺎﺏ ﺍﻟﻌﺒﺎﺳﻲ ﺑﻦ ﺍﻟﺴﻜﻤﺎﻝ ﺍﻷﻧﺼﺎﺭﻱ ﺍﻟﻤﺤﻠﻲ، ﻭ ﻳُﻌﺮﻑ ﺑﺎﻟﺠﻼﻝ ﺍﻟﻤﺤﻠّﻲ أﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻮﻫﺎﺏ ﺑﻦ ﺩﺍﻭﺩ ﺍﻟﻘﻮﺻﻲ ﺛﻢ ﺍﻟﻤﺼﺮﻱ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ، .. ﺍﺷﺘﻐﻞ ﻭ ﺑﺮﻉ ﻓﻲ ﺍﻟﻔﻘﻪ ﻭﻏﻴﺮﻩ، ﺫﻛﺮﻩ ﺷﻴﺨﻨﺎ [ﺍﺑﻦ ﺣﺠﺮ ] ﻓﻲ ﺃﻧﺒﺎﺋﻪ، ﺯﺍﺩ ﻏﻴﺮﻩ : ﻭﻛﺎﻥ ﻳﺮﻭﻱ ﻣﺼﻨﻔﺎﺕ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ ﻋﻦ ﻭﺍﻟﺪﻩ ﻭﻛﺬﺍ " ﺍﻟﺒﺮﺩﺓ " ﻋﻨﻪ ﺳﻤﺎﻋﺎً ﺑﺮﻭﺍﻳﺔ ﺃﺑﻴﻪ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ ﻭﺍﻟﺒﻮﺻﻴﺮﻱ
أﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﻋﻠﻲ ﺑﻦ ﺇﺳﻤﺎﻋﻴﻞ ﺍﻟﺒﻬﻨﺴﻲ ﺍﻷﺻﻞ، ﺍﻟﻤﺼﺮﻱ ﺍﻟﻤﺎﻟﻜﻲ . ﻭﻳﻌﺮﻑ ﺑﺎﺑﻦ ﺍﻟﻈﺮﻳﻒ، ﺳﻤﻊ ﻣﻦ ﻧﺎﺻﺮ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺍﻟﺘﻮﻧﺴﻲ ﺍﻟﺴﻨﻦ ﻷﺑﻲ ﺩﺍﻭﺩ، ﻭﻣﻦ ﺍﻟﻌﺰ ﺑﻦ ﺟﻤﺎﻋﺔ : ﺍﻟﻤﺴﻠﺴﻞ ﻭ " ﺍﻟﺒﺮﺩﺓ ."
ﺍﻟﻤﻔﺴﺮ ﻟﻜﺘﺎﺏ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻌﺰﻳﺰ ﺃﺑﻮ ﺣﻴﺎﻥ ﺍﻷﻧﺪﻟﺴﻲ : ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﻳﻮﺳﻒ ﺑﻦ ﻋﻠﻲ ﺍﻟﻐﺮﻧﺎﻃﻲ، ﺻﺎﺣﺐ ﺗﻔﺴﻴﺮ " ﺍﻟﺒﺤﺮ ﺍﻟﻤﺤﻴﻂ " ، ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﺤﺎﻓﻆ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺳﻴﺪ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺍﻟﻴﻌﻤﺮﻱ ، ﺻﺎﺣﺐ ﺍﻟﺴﻴﺮﺓ ﺍﻟﺸﻬﻴﺮﺓ " ﻋﻴﻮﻥ ﺍﻷﺛﺮ "، ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﻔﻘﻴﻪ ﺳﻠﻄﺎﻥ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﻋﺰ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﺍﻟﺴﻠﻤﻲ ، ﺻﺎﺣﺐ " ﺍﻟﻘﻮﺍﻋﺪ ﺍﻟﻜﺒﺮﻯ " ، ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﺤﺎﻓﻆ ﺯﻳﻦ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺍﻟﻌﺮﺍﻗﻲ ، ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﻔﻘﻴﻪ ﺍﻟﻤﺤﺪﺙ ﻋﻤﺮ ﺑﻦ ﻋﻠﻲ ﺍﻟﻤﻌﺮﻭﻑ ﺑﺎﺑﻦ ﺍﻟﻤﻠﻘﻦ ، ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﻤﺠﺘﻬﺪ ﺷﻴﺦ ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻋﻤﺮ ﺑﻦ ﺭﺳﻼﻥ ﺍﻟﺒﻠﻘﻴﻨﻲ ، ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﺤﺎﻓﻆ ﺍﻟﺤﺠﺔ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﻋﻠﻲ ﺑﻦ ﺣﺠﺮ ﺍﻟﻌﺴﻘﻼﻧﻲ ﺷﺎﺭﺡ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭي، ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﻤﺤﺪﺙ ﺍﻟﻔﻘﻴﻪ ﺷﻴﺦ ﺍﻹﺳﻼﻡ ﺯﻛﺮﻳﺎ ﺍﻷﻧﺼﺎﺭﻱ ، ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﺤﺎﻓﻆ ﺟﻼﻝ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺍﻟﺴﻴﻮﻃﻲ، ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ﺑﻦ ﻋﻠﻲ ﺍﻟﻘﻠْﻘﺸﻨْﺪﻱ ،ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ﺑﻦ ﻋﻠﻲ ﺑﻦ ﻇﻬﻴﺮﺓ، ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻣﺠﺪ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺍﻟﻔﻴﺮﻭﺯﺃﺑﺎﺩﻱ ﺻﺎﺣﺐ " ﺍﻟﻘﺎﻣﻮﺱ ﺍﻟﻤﺤﻴﻂ " ،ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺃﺣﻤﺪ ﺍﻟﻔﺎﺳﻲ ﺻﺎﺣﺐ " ﺍﻟﻌﻘﺪ ﺍﻟﺜﻤﻴن"
1. Syekh Jalaluddin Al Mahalli (pengarang kitab tafsir jalalain yg kemudian disempurnakan oleh syekh jalaluddin As Suyuthi), beliau hafal dan mensyarahi burdah dan diberi nama Al Anwar Al Mudhiah fi Madhi Khoiril Bariyyah.
2. Ahmad bin Abdul Wahhab Al Qushi, beliau meriwayatkan Burdah dari ayah nya.
3. Ibnu Dzorif, beliau meriwayatkan dari Al Izz bin jama'ah(beliau) dari imam Al Bushiri(pengarang Burdah)
4. Alhafidz Abu Hayyan Al Andalusi, imamnya Ulama Ahli Nahwu Shorof, yg terkenal dgn kitab tafsirnya " Al Bahrul Muhith"
5. Alhafidz Al Allamah Abul Fath Muhammad Al Ya'mari, imamnya Ahli Balaghoh yg terkenal dg kitab sirah nya "Uyunul Atsar"
6. Rajanya Ulama Syekh Izzuddin bin Abdis Salam
7. Alhafidz Zainuddin Al Iraqi
8. Al Muhaddits Sirajuddin Ibnu Al Mulaqqin,salah satu ulama kibarnya ahli hadits
9. Syaikhul Islam Umar bin Ruslan Al Bulqini, beliau dari Ibnu Al Mulaqqin
10. Alhafidz Ibnu Hajar Al Asqalani, beliau dari Al Bulqini dan Al Ghomari.
11. Syaikhul Islam Zakariya Al Anshari, beliau mensyarahi Burdah dan diberi nama " Az Zubdah Ar Roiqah fi Syarhil Burdah Al Faiqah"
12. Alhafidz Jalaluddin As Suyuthi
13. Al Imam Al Fairuzabadi pengarang kitab "Al Qamus Al Muhith", beliau meriwayatkan dari Al Izz bin Jama'ah.
14. Syaikhul Muhadditsiin (gurunya ulama Ahli Hadits dimasanya) Abu Umar Abdul Aziz atau dikenal dgn Al Izz bin Jama'ah, beliau mendengar dan meriwayatkan langsung dari Imam Bushiri(pengarang Burdah)
15. Syihabuddin Ahmad Al Qostholani, beliau mensyarahi Burdah, diberi nama "Masyariqul Anwar Al Mudhiah fi Syarhil Kawakib Addurriyyah".
16. Imam Az Zarkasyi meng hasyiyahi Burdah.
17. Ibnul Muaqqit Abdus Salam bin Idris Al Marokisyi menyarahi nya, diberi nama "Khowwashul Burdah".beliau menyebutkan khasiatnya tiap2 bait.
18. Abdul Ghani An Nabulisi, syarah burda nya; " Al Iqdun Nadzim fil Qadril Adzim"
19. Ibnu Ajibah; "Az Zubdah fi Syarahil Burdah"
20. Ibnu Asyur; " Syifaul Qalbi Al Jarih fi Syarhil Burdah Al Madih"
21. Syekh Ibrahim Al Bajuri, termasuk grand syekh nya Al Azhar di abad 13H, beliau jg mensyarahi Burdah dgn nama " Syarhul Burdah lilbajuri ".
Dan masih banyak lg Ulama yg men syarahi Qosidah Burdah yg tidak bisa saya sebutkan semuanya.
ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺑﻦ ﺣﺠﺮ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ : ﻭﻗﺪ ﺣﺼﻠﺖ ﺭﻭﺍﻳﺔ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻘﺼﻴﺪﺓ ﻭﻏﻴﺮﻫﺎ ﻣﻦ ﺷﻌﺮ ﺍﻟﻨﺎﻇﻢ ﻣﻦ ﻃﺮﻕ ﻣﺘﻌﺪﺩﺓ ، ﻣﻨﻬﺎ – ﺑﻞ ﺃﻋﻼﻫﺎ - : [ ﺃﻧﻲ ] ﺃﺭﻭﻳﻬﺎ ﻋﻦ ﺷﻴﺨﻨﺎ ﺷﻴﺦ ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻭﺧﺎﺗﻤﺔ ﺍﻟﺤﻔﺎﻅ ، ﺃﺑﻲ ﻳﺤﻴﻰ ﺯﻛﺮﻳﺎ ﺍﻷﻧﺼﺎﺭﻱ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ، ﻋﻦ ﺍﻟﻌﺰ [ ﺃﺑﻲ ﻣﺤﻤﺪ ] ﺑﻦ ﺍﻟﻔﺮﺍﺕ ، ﻋﻦ ﺍﻟﻌﺰ ﺑﻦ ﺑﺪﺭ ﺟﻤﺎﻋﺔ ، ﻋﻦ ﻧﺎﻇﻤﻬﺎ . ﻭﺃﺭﻭﻳﻬﺎ ﺃﻳﻀﺎً ﻋﻦ ﻣﺸﺎﻳﺨﻨﺎ ،ﻋﻦ ﺍﻟﺤﺎﻓﻆ ﺍﻟﺴﻴﻮﻃﻲ ﻋﻦ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﻣﻨﻬﻢ : ﺍﻟﺸﻤﻨﻲ ﺍﻟﺤﻨﻔﻲ ، ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻗﺮﺍﺀﺓ ، ﻭﺑﻌﻀﻬﻢ ﺇﺟﺎﺯﺓ ، ﻋﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻋﻠﻲ ﺍﻟﺤﻨﺒﻠﻲ . ﻛﺬﻟﻚ ﻋﻦ ﺍﻟﻌﺰ ﺑﻦ ﺟﻤﺎﻋﺔ ، ﻋﻦ ﺍﻟﻨﺎﻇﻢ . ﺍﻧﺘﻬﻰ .
" ﺍﻟﻤﻨﺢ ﺍﻟﻤﻜﻴﺔ ﻓﻲ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻬﻤﺰﻳﺔ " ﻻﺑﻦ ﺣﺠﺮ ﺍﻟﻬﻴﺘﻤﻲ 1 : 109
Ibnu Hajar Al Haitami di dalam kitabnya Al Minahul Makkiyyah mengatakan : Aku berhasil mendapatkan riwayat qoshidah Burdah ini sampe kpd pengarangnya(imam Al Bushiri) melalui beberapa jalur, aku meriwayatkan nya dari Syeikhul Islam Zakariya Al Anshari(beliau) dari Al Izz Abu Muhammad bin Al Furat(beliau) dari Al Izz bin Jama'ah(beliau) dari Nadzim Burdah(imam Al Bushiri). Aku juga meriwayatkan dari guru2ku(mereka) dari Syekh Jalaluddin As Suyuthi(beliau) dari beberapa Ulama, diantaranya Taqiyyuddin Abul Abbas Ahmad bin Muhammad As Syamni(beliau) dari Abdullah bin Ali Al Hanbali(beliau) dari Al Izz bin Jama'ah(beliau )dari Imam Al Bushiri.
PENDAPAT ULAMA KHOLAF DARI WAHABI SALAFI
Syekh Bin Baz
ﻭﻫﺬﺍ ﻛﻔﺮ ﺻﺮﻳﺢ ، ﻭﻏﻠﻮ ﻟﻴﺲ ﻓﻮﻗﻪ ﻏﻠﻮ ، ﻧﺴﺄﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻌﺎﻓﻴﺔ ﻭﺍﻟﺴﻼﻣﺔ .
ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﻣﺎﺕ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ ، ﻭﻟﻢ ﻳﺘﺐ : ﻓﻘﺪ ﻣﺎﺕ ﻋﻠﻰ ﺃﻗﺒﺢ ﺍﻟﻜﻔﺮ ، ﻭﺍﻟﻀﻼﻝ ، ﻓﺎﻟﻮﺍﺟﺐ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﻣﺴﻠﻢ ﺃﻥ ﻳﺤﺬﺭ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻐﻠﻮ ، ﻭﺃﻻ ﻳﻐﺘﺮ ﺑـ " ﺍﻟﺒﺮﺩﺓ " ، ﻭﺻﺎﺣﺒﻬﺎ ، ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻤﺴﺘﻌﺎﻥ
Syek ibn Baz di dalam kitabnya Fatawa Syeikh Ibn Baz jilid 6 :370-371 mengatakan : ini adalah kekufuran yg nyata dan puncaknya ghuluw(berlebihan)... Jika dia (pengarang Burdah) mati dan tidak bertaubat maka sungguh dia mati dalam keadaan seburuk2nya kekafiran dan kesesatan. Maka wajib bagi orang islam untuk waspada terhadap orang ghuluw ini dan jangan tertipu dgn qosidah Burdah nya.
Syekh Abdurrahman (cucu pendiri wahabi salafi)
ﻭﻓﻴﻬﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﺸﺮﻙ ﺍﻷﻛﺒﺮ ﻣﺎ ﻻ ﻳﺨﻔﻰ ، ﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﻗﻮﻟﻪ : " ﻳﺎ ﺃﻛﺮﻡ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻣﺎ ﻟﻲ ﻣﻦ ﺃﻟﻮﺫ ﺑﻪ ﺳﻮﺍﻙ " ﺇﻟﻰ ﺁﺧﺮ ﺍﻷﺑﻴﺎﺕ ، ﺍﻟﺘﻲ ﻓﻴﻬﺎ ﻃﻠﺐ ﺛﻮﺍﺏ ﺍﻟﺪﺍﺭ ﺍﻵﺧﺮﺓ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻭﺣﺪﻩ
Abdurrahman bin Hasan bin Muhammad bin Abdul Wahhab di dalam kitabnya jilid 1:82 jg mengatakan : di dalam qosidah burdah terdapat jelas kesyirikan yg besar, diantaranya ﻳﺎ ﺃﻛﺮﻡ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻣﺎ ﻟﻲ ﻣﻦ ﺃﻟﻮﺫ ﺑﻪ
ﺳﻮﺍﻙ ﻋﻨﺪ ﺣﻠﻮﻝ ﺍﻟﺤﺎﺩﺙ ﺍﻟﻌﻤﻢ
Wahai makhluk paling mulia, tiada orang tempat perlindunganku
selain engkau di kala huru-hara kiamat melanda semua manusia,..
Syekh Utsaimin
ﻭﻫﺬﺍ ﻣﻦ ﺃﻋﻈﻢ ﺍﻟﺸﺮﻙ ﻷﻧﻪ ﺟﻌﻞ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭﺍﻵﺧﺮﺓ ﻣﻦ ﺟﻮﺩ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﻭﻣﻘﺘﻀﺎﻩُ ﺃﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﺟﻞ ﺫﻛﺮﻩ ﻟﻴﺲ ﻟﻪ ﻓﻴﻬﻤﺎ ﺷﻲﺀ
syekh usaimin di dalam kitabnya Al Qoul Mufid ala kitabit Tauhid 1/218 mengatakan : ini termasuk agung2nya syirik..
Salih Fauzan di dalam kitab nya Ianah Al Mustafid 2:312
ﻛﻤﺎ ﻭﻗﻊ ﻓﻴﻪ ﻛﺜﻴﺮٌ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺨﺮِّﻓﻴﻦ ﺍﻟﻴﻮﻡ ﻓﻴﻤﺎ ﻳﺴﻤّﻮﻧﻪ ﺑﺎﻟﻤﺪﺍﺋﺢ ﺍﻟﻨﺒﻮﻳﺔ ﻓﻲ ﺃﺷﻌﺎﺭﻫﻢ : " ﺍﻟﺒﺮﺩﺓ " ﻟﻠﺒﻮﺻﻴﺮﻱ ، ﻭﻣﺎ ﻗﻴﻞ ﻋﻠﻰ ﻧﺴﺠﻬﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺨﺮﻓﻴﻦ، ﻓﻬﺬﺍ ﻏﻠﻮ ﺃﻭﻗﻊ ﻓﻲ ﺍﻟﺸﺮﻙ،
ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺒﻮﺻﻴﺮﻱ :
ﻳﺎ ﺃﻛﺮﻡ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻣﺎ ﻟﻲ ﻣﻦ ﺃﻟﻮﺫ ﺑﻪ ***** ﺳﻮﺍﻙ ﻋﻨﺪ ﺣﻠﻮﻝ ﺍﻟﺤﺎﺩﺙ ﺍﻟﻌﻤﻢ
ﺇﻥ ﻟﻢ ﺗﻜﻦ ﻓﻲ ﻣﻌﺎﺩﻱ ﺁﺧﺬﺍً ﺑﻴﺪﻱ ***** ﻓﻀﻼً ﻭﺇﻻ ﻓﻘﻞ ﻳﺎ ﺯﻟﺔ ﺍﻟﻘﺪﻡ
ﻓﺈﻥ ﻣﻦ ﺟﻮﺩﻙ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭﺿﺮﺗﻬﺎ ***** ﻭﻣﻦ ﻋﻠﻮﻣﻚ ﻋﻠﻢ ﺍﻟﻠﻮﺡ ﻭﺍﻟﻘﻠﻢ
ﻓﻬﺬﺍ ﻏﻠﻮٌّ - ﻭﺍﻟﻌﻴﺎﺫ ﺑﺎﻟﻠﻪ - ﺃﻓﻀﻰ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻜﻔﺮ ﻭﺍﻟﺸِّﺮْﻙ
Ini adalah ghuluw yg menyebabkan jatuh pada kufur dan syirik.
Muhammad bin Jamil Zainu di dalam kitabnya Ma'lumat Muhimmah anid diin :
ﻭﻣﻦ ﺍﻟﻌﺠﻴﺐ ﺃﻥ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻳﻘﻮﻟﻮﻥ : ﺇﻥ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻘﺼﻴﺪﺓ ﺗﺴﻤﻰ ﺑﺎﻟﺒﺮﺩﺓ ﻭﺑﺎﻟﺒُﺮﺃﺓ، ﻷﻥ ﺻﺎﺣﺒﻬﺎ ﻛﻤﺎ ﻳﺰﻋﻤﻮﻥ ﻣﺮﺽ ﻓﺮﺃﻯ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ، ﻓﺄﻋﻄﺎﻩ ﺟﺒﺘﻪ ﻓﻠﺒﺴﻬﺎ ﻓﺒﺮﺉ ﻣﻦ ﻣﺮﺿﻪ - ﻭﻫﺬﺍ ﻛﺬﺏ ﻭﺍﻓﺘﺮﺍﺀ - ﺣﺘﻰ ﻳﺮﻓﻌﻮﺍ ﻣﻦ ﺷﺄﻥ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻘﺼﻴﺪﺓ، ﺇﺫ ﻛﻴﻒ ﻳﺮﺿﻰ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺑﻬﺬﺍ ﺍﻟﻜﻼﻡ ﺍﻟﻤﺨﺎﻟﻒ ﻟﻠﻘﺮﺁﻥ ﻭﻟﻬﺪﻳﻪ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﻭﻓﻴﻪ ﺷﺮﻙ ﺻﺮﻳﺢ؟
Dan yg mengherankan adlh, sebagian orang mengatakan bahwa qosidah ini dinamakan jg dgn Bur'ah(kesembuhan) karna pengarangnya sakit kmudian mimpi bertemu dgn Rasulullah dan beliau memberikan jubbah kpd pengarang Burdah, lalu dipakainya dan sembuhlah dia dari sakitnya, ini adalah kebohongan dan mengada2, bagaimna mungkin Rasulullah ridho dgn qsidah ini yg menyelisihi Al Qur'an dan petunjuk Nabi, sedangkn di dalamnya terdapat kesyirikan yg nyata.
ﻓﺎﺣﺬﺭ ﻳﺎ ﺃﺧﻲ ﺍﻟﻤﺴﻠﻢ ﻣﻦ ﻗﺮﺍﺀﺓ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻘﺼﻴﺪﺓ ﻭﺃﻣﺜﺎﻟﻬﺎ ﺍﻟﻤﺨﺎﻟﻔﺔ ﻟﻠﻘﺮﺁﻥ، ﻭﻫﺪﻱ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ - ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ - ، ﻭﺍﻟﻌﺠﻴﺐ ﺃﻥ ﻓﻲ ﺑﻌﺾ ﺑﻼﺩ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﻣﻦ ﻳُﺸَﻴﻊ ﺑﻬﺎ ﻣﻮﺗﺎﻫﻢ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻘﺒﻮﺭ
maka waspadalah dari membaca qasidah ini dan sejenisnya yg menyelisih Al Quran dan petunjuk Nabi. Dan yg mengherankn ada sebagian negara muslim yg membaca Burdah ketika mengantar jenazah ke kuburan.
========
KEPADA SIAPA ANDA BELAJAR MAKA ITULAH KARAKTERMU
Anda belajar kpd orang solih maka sadar atau tidak, perlahan lahan kesolihannya akan mempengaruhi akal dan hatimu.
Anda belajar kpd orang yg suka menuduh syirik maka sadar atau tidak,perlahan2 ilmunya akan mempengaruhi akal dan hatimu.
PEMBESAR Ulama Salaf banyak yg hafal dan mensyarahi Burdah tp Ulama Kholaf dari kalangn wahabi salafi menuduh Burdah itu sesat, syirik dan kufur.
HAIHATA HAIHATA antara pemahaman salaf dengan pemahaman kholaf.
Tinggal anda memilih salaf atau kholaf?
KAJIAN MAKNA "KULL" (كل) DALAM HADITS TENTANG BID'AH كُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَ لَةٍ وَكُلُّ ضَلاَ لَةٍ فِى النَّارِ “Setiap bid’ah itu sesat dan setiap kesesatan itu masuk neraka”. Dengan membandingkan hadist tersebut serta QS Al Kahfi: 79 yg sama2 dihukumkan ke kullu majmu' akan kita dapati sebagai berikut: Bid’ah itu kata benda, tentu mempunyai sifat, tidak mungkin ia tidak mempunyai sifat, mungkin saja ia bersifat baik atau mungkin bersifat jelek. Sifat tersebut tidak ditulis dan tidak disebutkan dalam hadits di atas; dalam Ilmu Balaghah dikatakan, حدف الصفة على الموصوف “Membuang sifat dari benda yg bersifat”. Seandainya kita tulis sifat bid’ah maka terjadi dua kemungkinan: a. Kemungkinan pertama : كُلُّ بِدْعَةٍ (حَسَنَةٍ) ضَلاَ لَةٌ وَكُلُّ ضَلاَ لَةٍ فِى النَّارِ “Semua bid’ah (yg baik) sesat, dan semua yg sesat masuk neraka”. Hal ini tidak mungkin, bagaimana sifat baik dan sesat berkumpul dalam satu benda dan dalam waktu dan tempat yg sama, hal itu tentu
Komentar
Posting Komentar